Menurut peneliti Sybil dan steven wolin telah mengidentifikasi tujuh ketahanan yang bisa membuat perbedaan.

  1. WAWASAN. berarti memiliki kebiasaan mengajukan pertanyaan2 sulit tentang dirinya sendiri dan tentang situasi yang sedang kamu hadapi. serta memberikan jawaban atas pertanyaan2 dengna jujur. wawasan akan membantu untuk melihat yang nyata/kongkrit, dab bukan sekedar imajinasi saja…..
  2. KEBEBASAN. berarti menjadi dirimu sendiri. kebebasaan akan membantumu berkonsentrasi pada apa yang kamu inginkan dari kehidupan ini.
  3. HUBUNGAN dalah pergaulan dengan orang lain yang berarti bagi dirimu.hubungan akan menimbulkan perassan diinginkan. kesempatan untik mengekspresikan dirimu sendiri, juga menyediakan dukungan saat kamu memerlukan
  4. INISIATIF berarti menghadapi tantangan2 kehiodupan secara berani. saat kamui mengambil inisiatif maka kamu telah menentukan sebuah siklus positif dalam penyelesaian suatu masalah, mengatasi rasa takut, dan menjadi seorang pemenang. inisiatif akan menempatkanmu pada posisi pemimpin.
  5. KREATIFITAS. menggunakan imajinasimu sbagia surga yang aman untuk mengekspresikan apa yang kamu ing buat.
  6. HUMOR. suatu cara untuk mengendorkan syaraf yang tegang dan mengurang rasa malu atau rasa sakit.
  7. MORALITAS. berarti melakukan nhal yang benar. benar secara nor ma dan benar secara hukum. karena dengan ini akan emnjadikan dirimu menjadi orang yang baik serta berdampak pada dirimu untuk mersakan menjadi orang baik…

“SUMBER:buku pintar remaja gaul.penerbit KAIFA.”